WHAT'S NEW?
Loading...

Miliki Cita Rasa yang Khas, Berikut Resep Soto Betawi Untuk Hidangan Keluarga

Cuaca yang tidak menentu dalam beberapa bulan terakhir menyebabkan keseimbangan tubuh ikut terganggu, sehingga tak sedikit mengalami gangguan kesehatan akibat imunitas tubuh yang menurun sehingga mudah terkena flu atau letih lesu. Untuk bisa mengembalikan stamina, memang lebih nikmat menikmati makanan yang berkuah segar seperti soto betawi. Apabila anda ingin membuat hidangan satu ini, berikut akan diulas Resep soto betawi untuk menu makanan keluarga.

 

Cara Pembuatan Soto Betawi Untuk Hidangan Keluarga
1. Soto Betawi Bening
Bagi anda yang ingin membuat hidangan asli Betawi ini, maka perlu mempersiapkan beberapa bahan yaitu daging sandung lamur berupa brisket atau daging rawonan, daun salam, daun jeruk, lengkuas yang telah digeprek, serai, air secukupnya, garam secukupnya, dan kaldu sapi bubuk non msg secukupnya (opsional). Siapkan pula bumbu halusnya yang terdiri dari bawang merah, bawang putih, jahe, ketumbar, jintang, dan lada. 


Setelah semua bahan dan bumbu telah dipersiapkan, saatnya untuk ke tahap selanjutnya. Pertama tama rebus daging dengan air hingga mendidih, kemudian buang air tersebut dan rebus lagi sampai empuk dengan menggunakan air yang baru untuk menghasilkan kuah bening dan tidak berlemak akibat rebusan daging pada resep soto betawi pertama. Tumis bumbu yang sudah dihaluskan dengan menggunakan serai, lalu masukkan daun salam dan lengkuas.


Panaskan kembali kaldu daging tersebut, selanjutnya masukkan tumisan bumbu. Masukkan daging dan masak hingga mendidih, jangan lupa juga untuk membumbuinya dengan garam, kaldu bubuk (opsional), serta daun jeruk. Apabila sudah matang, angkat dan sajikan dengan berbagai bahan pelengkap seperti daun bawang, emping, dan tomat. Dengan begitu hidangan dari soto betawi bening ini siap untuk disajikan bersama satu keluarga. 


2. Soto Betawi Santan
Untuk hidangan yang kedua merupakan hidangan soto betawi asli yang terdapat santannya. Bahan yang perlu anda siapkan ialah air, santan, daging sandung lamur, babat rebus, paru rebus, daun jeruk yang dibuang tulangnya. Kemudian bahan dari resep soto betawi selanjutnya ialah garam, kayu manis, serai, cengkeh, lengkuas, minyak, daun salam, dan daun pandan. 


Tak hanya itu, siapkan pula gula pasir, buah pala, serta merica bubuk. Kemudian untuk bumbu halusnya siapkan bawang merah, bawang putih, jahe, dan ketumbar bubuk. Pertama tama rebus babat dan paru bersama jahe yang telah digeprek, daun pandan yang diikat simpul, serta daun salam. Jika sudah mendidih tiriskan airnya dan cuci bersih daging tersebut, kemudian potong kotak kotak.


Setelah babat dan paru direbus, selanjutnya rebus daging sandung lamur hingga matang. Apabila sudah matang, maka jangan buang kaldunya serta daging tersebut potong kecil kecil. Saring kaldu tersebut dan rebus kembali bersama daging sandung lamur, babat, dan paru. Selagi menunggu rebusan tersebut mendidih, anda bisa panaskan minyak dan tumis bumbu halus yang telah dipersiapkan beserta kayu manis, pala bubuk, cengkeh, serai, lengkuas, daun jeruk, dan daun salam.


Tumis hingga tercium bau harum, baru kemudian masukkan tumisan ini ke dalam rebusan daging dan bumbui dengan garam, merica bubuk, gula pasir, dan santan. Masak hingga tekstur dagingnya empuk, lalu sajian resep soto betawi ini siap dihidangkan dengan memberikan beberapa bahan pelengkap seperti emping, tomat, daun bawang, dan bawang merah goreng.


Itulah beberapa resep untuk soto khas Betawi ini, yang bisa anda terapkan di rumah untuk hidangan satu keluarga. Anda juga bisa mengkreasikan makanan satu ini sesuai dengan selera anda, dengan menambahkan berbagai bahan atau bumbu lainnya. Biasanya menu makanan ini disajikan disaat acara tertentu, seperti Idul Adha atau acara khusus keluarga. Dengan begitu suasana berkumpul anda akan menjadi lebih lengkap.